Monday, February 1, 2010
Taman Hutan Raya Ir.H.Juanda alias DAGO PAKAR
Setelah Kawah Putih, kali ini saya ke Tahura Dago Pakar. Sebenernya uda pernah, sih cuma kali ini saya berniat explore lebih jauh daripada yang sebelumnya. So, masuk ke kawasan ini gak gitu sulit, bisa pake kendaraan sendiri yang ada tarif per orang dan per kendaraan (kayak masuk ancol gitu). Tarifnya: Rp 10.000/mobil dan Rp.8.000/orang.
Sabtu dan Minggu biasanya lebih ramai dari hari2 biasa. Banyak juga yang datang pagi2 sebelum matahari bener2 mateng (niat banget yah). Jangan salah loh kebanyakan yang dateng pagi2 ini justru yang -ehem- uda berumur. Nah sebelumnya saya juga pernah nih pagi2 jam 6:30 mulai masuk Tahura, cuma buat trip kali ini saya sengaja agak siangan deh mulainya...jam 8:30.
Nah, trip kali ini dimulai dari Goa Jepang. Goa ini dibangun sekitar tahun 1942-1945, fungsinya dulu buat tempat simpan amunisi dan tempat sembunyi. Goa nya gak gitu besar dan gak berujung alias one way in and out...tapi mereka saling berhubungan lewat lorong2 kecil. Di sekitar Goa, banyak ibu dan bapak yg nawar2in senter for rent, tapi mereka juga bisa merangkap jadi pemandu dadakan.
Gak berapa jauh dari Goa Jepang kita akan ketemu sama Goa Belanda. Goa Belanda lebih gede dan lebih tua (dibangun tahun 1918) . Nah kalo yang bener2 berupa tunnel, sama2 gelap dan banyak lorong2 didalamnya. Goa ini asalnya dari terowongan air trus berubah fungsi jadi tempat penyimpanan senjata, sampai sempet jadi tempat tahanan. Sepanjang goa juga terdapat bekas rel yang kemungkinan di buat sejak jaman penjajahan dulu.
Berhubung saya agak2 claustrophobic, jadi saya gak sempet jelajahin isi Goa ini...yang pasti sepanjang perjalanan melewati terowongan utama saya bisa mendengar gema2 suara orang2 yang ada didalam lorong2 gelap itu....ihh merinding..bayangin deh gimana rasanya kalo kita ditahan disana dan bisa dengerin erangan tiap2 tahanan tetangga kita..HoRRoRRss....hiiiyyy
Setelah keluar dari ujung Goa Belanda, kita bisa melanjutkan perjalanan lewat jalur trekking yang sudah ada. Untungnya kalo kita berangkat -agak-pagi seperti saya adalah kita gak usah kepanasan karena pohon2 masih bisa menahan sinar matahari. Menurut teman saya, kita harus melewati 7 tanjakan untuk sampai ke pit stop (itu teori dia). Tapi maksud sebenernya sih pit stop itu warung2 yg berderet yang posisinya hampir diujung pendakian (jiaahh...). Disepanjang trek ada beberapa warung yang bisa dilewati, ibarat rest area, kita bisa makan or minum disini atau cuma numpang duduk karena abis napas he he he. Cuma ada sih yang gak ada yaitu toilet!! Kalo kita bisa nahan sih gapapa, tapi temen saya malah menghilang dibelakang dan taunya nyirem pohon dia!! Moga2 malamnya dia gak diganggu apa2 deh ha ha ha.
Buat saya dan sebagian orang kota lainnya, berjalan disekitar rimbunnya pohon, kicauan burung, kucuran mata air, dan tetesan embun tuh bener2 rasanya wuaaahhh banget. Apalagi kalo lagi beruntung kita bisa juga ketemu monyet2 yang loncat dari pohon ke pohon.
Setelah kira2 45 menit perjalanan (tergantung stamina sih) kita bakal sampai ke "the famous pit stop". Tadaaaahhhh, jejeran warung dengan segala macem jajanan tersedia disini. Mie instant, aneka gorengan, lontong pake sambal oncom, pisang bakar seruuu banget...trus minumnya ada kopi, teh, bandrek, tapi minuman kayak air mineral dan temen2nya juga banyak siiih. Langsung deh semua diserbu, secara belom sempet breakfast gitu loh.
Puas ngisi perut dan ambil nafas, kita lanjutin perjalanan kita ke point of attraction selanjutnya. Kalo kata ibu warung sih tinggal deket lagi (tapi saya kurang gitu percaya sih sama si ibu soalnya betis dia guedee gilee, bayangin tiap jualan dia manggul segala macam barang dagangan kira2 20 kilo lebih naek turun jalan setapak). Kalo kata temen saya tinggal 1 tanjakan lagi koq (biasa teori ga jelas)...yaahh either way uda nanggung jauh2 kita jalan masa sih nyerah... Gak jauh dari situ ada jembatan yang jadi tempat tukang ojek mangkal. Nah, buat yang gak mau atau gak kuat jalan lagi memang disini sedia tukang ojek yang bisa disewa untuk naik dan turun.
Lanjut, kita bakal masuk ke daerah wisata curug Omas, Maribaya. Yup emang tempat wisata ini nyambung sama Tahura. Sepanjang trek menuju curug kita bisa menemukan monyet2 liar yang nongkrong di pagar atau di pohon, mungkin ga ada kerjaan jadi nontonin manusia lalu lalang kali hehehe.
Dari jauh saya uda bisa denger tuh suara air terjun, tapi pas sampai rasanya baru deh bener2 segeeerrr bugeerrr. Kita bisa melewati jembatan gantung yang letaknya berada di atas air terjun, cuma hati2 yah ada peringatan kalo jembatan sebaiknya cuma dilewatin max. 5 orang sekaligus. Selain itu ada juga peringatan supaya kita jangan berhenti diatas jembatan, jadi buat yang punya impian bungy jumping dari atas jembatan ini, please forget it!!
Jalan2 ke Tahura, is sooo worthed for this view!!!
Oya, buat yang mau langsung ke curug Omas ini, gak musti jalan dari Tahura seperti saya. Karena walaupun nyambung curug Omas punya pintu sendiri yaitu lewat Maribaya. Jadi banyak pilihan untuk jalan di Tahura ini. Bisa mulai dari Dago, naik sampai Maribaya, lalu pulang dari Maribaya. Bisa juga mulai dari Maribaya, turun ke Dago, lalu pulang dari Dago.
Atau seperti saya, mulai dari Dago, naik sampai Maribaya, dan turun lagi ke Dago ngebut style karena uda rada siang dan mulai gerimis...keujanan...huuuuuuu...laper lagi daaahhh
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment